San Francisco Indonesian Foursquare Church (GPdI - San Francisco)

Please join our service:

Sunday Service - 3 PM
1337 Sutter Street, San Francisco, CA 94109
Contact: Ps. Edwin and Nova Katuuk, Ph: (650) 878 8050, 276 6076

For other services, please contact us for details.

Operating as usual

06/18/2014

ORANG FARISI, ORANG SADUKI DAN AHLI-AHLI TAURAT

Seperti yang tercatat dalam beberapa kitab di dalam alkitab, terdapat 3 kelompok masyarakat yang selalu mencoba mencari cara untuk menjatuhkan dan menyingkirkan pengajaran dan penginjilan Tuhan Yesus.

Ketiga kelompok itu, apabila kita perhatikan dengan cermat dan teliti, masih sering kita jumpai pada jaman sekarang ini. Bahkan, terdapat kemungkinan jumlah mereka malah lebih banyak dari jumlah yang semesti, yang tercatat di dalam alkitab.

Ketiga kelompok masyarakat tersebut adalah:

ORANG-ORANG FARISI

Kata 'Farisi' berasal dari bahasa Ibrani "Perusyim' yang berarti "Yang Terasing". Orang Farisi adalah penganut murni agama Yahudi. Kelompok ini memusatkan perhatian mereka pada pengendalian masalah agama, bukan politik. Perhatian pokok dan kegemaran mereka yang terutama adalah menjalankan hukum Taurat secara rinci dan cermat.

Golongan Farisi adalah gambaran khas dari orang-orang Yahudi (Filipi 3:4-6). Mereka menjaga jarak sejauh mungkin dari orang-orang lain yang bukan merupakan kelompok mereka, contohnya mereka tidak diperbolehkan untuk makan bersama dengan orang-orang yang bukan Farisi, karena salah satu dari kekuatiran mereka adalah kalau-kalau kelompok yang bukan Farisi itu tidak mempersembahkan sepersepuluh dari pendapatan mereka kepada Tuhan.

Diperkirakan karena sikap yang "memisahkan diri' dari orang lain, akhirnya membuat mereka cenderung memandang rendah kelompok masyarakat yang bukan Farisi. Sikap menganggap diri 'lebih suci', 'lebih benar' dan 'lebih berkenan' daripada orang lain menyebabkan nama mereka menjadi bahan cemohan dari kelompok masyarakat lain. Keangkuhan mereka, ditambah lagi dengan sikap yang sangat kaku yang lebih mengutamakan ketaatan kepada upacara keagamaan daripada kasih dan belas kasihan, menyebabkan orang-orang Farisi ini memiliki konflik dengan Tuhan Yesus Kristus, kesemuanya itu bukanlah karena sikap mereka yang ortodoks (conservatif), melainkan karena sikap angkuh dan tidak menunjukkan kasih.

Dalam Yohanes 8:2-11, dapat dipelajari bagaimana sikap orang-orang Farisi ini terhadap perempuan yang berzinah.

ORANG-ORANG SADUKI

Lain halnya dengan kelompok Orang-Orang Saduki. Kelompok ini tidak banyak disebut dalam alkitab. Meskipun demikian kekuatan kelompok ini sangat terpandang karena banyak orang Saduki yang duduk di posisi yang tinggi di dunia politik pada jaman itu, contohnya Imam Besar Yahudi selalu diambil dari orang-orang Saduki. Mereka yang termasuk orang-orang Saduki adalah kelompok orang-orang kaya, pemilik tanah yang kaya raya yang memiliki kedudukan yang menonjol karena melakukan manipulasi yang licik dengan memanfaatkan kedudukan politik, hampir seluruh imam-imam kepala adalah orang-orang Saduki.

Kelompok Saduki berlaku sebagai aristokrat di tengah masyarakat Yahudi yang dijajah oleh Romawi, karena itu mereka memiliki hubungan dengan pemerintah Romawi. Posisi Imam Besar yang merupakan posisi tertinggi di Bait Suci, menjadi perantara antara orang Yahudi dengan gubernur Romawi. Hal ini menyebabkan politikus Saduki memiliki sikap yang mendua, sebab sebagai orang Yahudi sejati mereka tidak seharusnya menerima penguasa-penguasa asing di negeri Yahudi, namun di sisi lain, mereka bersikap realitas karena kenyataannya Romawi jauh lebih kuat dan Yahudi tidak berdaya.

Orang-orang Saduki hanya menerima lima kitab Taurat Musa, menolak konsep takdir, ganjaran kekal setelah kematian, menolak konsep kebangkitan orang mati, tidak adanya malaikat dan roh (Kisah 23:8). Mereka juga tidak menerima bahkan curiga terhadap kepercayaan populer masyarakat Yahudi saat itu dengan adanya Mesias yang datang dari Allah.

Karena penekanan yang kuat terhadap kitab Taurat Musa, kaum Saduki memandang pentingnya penyembahan Allah di Bait Suci di Yerusalam. Mereka percaya bahwa selama mezbah-mezbah masih mengepulkan asap di Bait Suci, kepercayaan masih dipraktekkan, tuntutan agama masih dipenuhi, maka Tuhan ada beserta mereka. Setelah Bait Suci dihancurkan, kelompok Saduki menghilang karena tidak ada ritual agama yang dapat dijalankan lagi.

AHLI-AHLI TAURAT

Sekalipun disebut sebagai Ahli-Ahli Taurat, ini bukanlah merupakan suatu jabatan atau orang-orang yang penuh dengan kesetiaan memelihara hukum Taurat. Ahli-ahli Taurat adalah orang-orang yang ahli dalam mempelajari Taurat. Mereka memelihara hukum dan dengan setia mewariskan kitab-kitab suci ini kepada murid-murid mereka dan mengharapkan murid-murid mentaatinya dengan sungguh-sungguh.

Salah satu tugas utama ahli Taurat adalah menetapkan isi Taurat tertulis. Mereka menetapkan 613 perintah, 248 perintah positif dan 365 perintah negatif. Selanjutnya mereka 'memasang pagar' di sekeliling perintah-perintah ini, artinya menafsirkan dan melengkapinya sedemikian rupa sehingga tidak mungkin orang melanggarnya secara kebetulan atau karena ketidaktahuan.

Pada jaman pengajaran dan penginjilan Yesus, ahli-ahli Taurat digambarkan sebagai berikut:

1. Memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan (Markus 12:38, 39)
2. Menduduki kursi Musa (Matius 23:2)
3. Biasanya orang Farisi (Kisah 23:9)
4. Dianggap bijaksana (1Korintus 1:20)
5. Dianggap sebagai penyalin Firman Tuhan (Matius 2:4, 17:10, Markus 12:35)
6. Disalahkan oleh Kristus karena munafik (Matius 23:15)
7. Seringkali sangat jengkel melihat mujizat dan pengajaran Tuhan Yesus (Matius 21:15, Markus 2:6,7,16)
8. Mencobai Tuhan Yesus (Yohanes 8:3)
9. Giat dalam usaha penyaliban (Matius 26:3, Lukas 23:10)
10.Menganiaya orang-orang Kristen yang mula-mula (Kisah 4:15,18, 21; 6:12)

Pernahkah saudara memiliki pengalaman atau mengenal jenis-jenis orang Farisi atau Saduki atau ahli-ahli Taurat dalam kehidupan saat ini? Mungkin mereka merupakan seseorang yang mengenal alkitab secara mendalam, mengenal firman Tuhan dari kitab Kejadian sampai Wahyu, semua ada di luar kepala mereka, pandai dalam ilmu alkitab, tetapi mereka hanya menerapkan hukum Taurat dan tidak memiliki kasih, atau mereka merasa jauh lebih benar dan lebih bersih dari orang lain, tidak mau berkecimpung dalam kelompok-kelompok tertentu karena kelompok itu dianggap tidak 'bersih' atau 'kurang suci' dan menganggap diri mereka sendiri lebih layak dan lebih benar daripada orang-orang lainnya. Atau mereka yang senantiasa mencoba melempari batu untuk perbuatan orang lain yang mungkin memang berdosa dan bersalah, tetapi tidak pernah melihat perbuatan mereka sendiri yang juga penuh dosa.

Pernahkah saudara bertemu dengan jenis-jenis orang-orang seperti uraian di atas?

Suka atau tidak suka, orang-orang seperti orang Farisi, Saduki dan ahli-ahli Taurat ini dapat diketemukan di mana-mana, dan jumlah mereka sangat banyak saat ini, bahkan lebih banyak dari jumlah yang sebenarnya yang tercatat dalam alkitab.

FS/6.17.2014

04/28/2014

Mobile Uploads

04/27/2014

Mobile Uploads

04/20/2014

Mobile Uploads

04/18/2014

Mobile Uploads

04/16/2014

Mobile Uploads

04/09/2014

Mobile Uploads

11/28/2013

Wishing you all a very blessed Thanksgiving's Day. (FY)

[04/03/13]   Selamat datang di Page kami. Page ini dibuat sehubungan jumlah 'friends' kami telah mencapai kapasitas maximum (5000 orang). Silakan klik "Like" untuk page ini. Terima kasih untuk semua perhatiannya. Tuhan memberkati. (FY)

04/03/2013

Inti-nya adalah lakukan yang baik dan yang berkenan dengan kehendak Bapa, jauhkanlah yang jahat dan berhentilah berbuat dosa karena kita semua memiliki kuasa atas dosa. (FY)

Location

Telephone

Address


1337 Sutter St
San Francisco, CA
94109
Other Religious Centers in San Francisco (show all)
GLIDE GLIDE
330 Ellis St (At Taylor)
San Francisco, 94102

Our mission is to create a radically inclusive, just and loving community mobilized to alleviate suffering and break the cycles of poverty and marginalization.

Islamic Society of San Francisco Islamic Society of San Francisco
20 Jones St
San Francisco, 94102

Islam

Chinese Lutherans in Mission Building - Climb 路德會華人聖工聯會 Chinese Lutherans in Mission Building - Climb 路德會華人聖工聯會
2400 Noriega St
San Francisco, 94122

An organization which promotes the Gospel of Jesus Christ in the areas of church planting, leadership training, in-gathering of funds, mission building, and biblical materials.

Interfaith Center at the Presidio Interfaith Center at the Presidio
130 Fisher Loop
San Francisco, 94129

Interfaith Center at the Presidio welcomes, serves, and celebrates the diverse spiritual wisdom and faith traditions of the Bay Area

Gereja Cornerstone San Francisco Gereja Cornerstone San Francisco
501 Cambridge St
San Francisco, 94134

Gereja Cornerstone San Francisco Berbahasa Indonesia Kebaktian Jam 2 Siang

Unity Spiritual Center of San Francisco Unity Spiritual Center of San Francisco
2690 Ocean Ave
San Francisco, 94132

We are a dynamic spiritual community that celebrates and honors people of every culture, every creed, every religion, every race, every age and lifestyle. We invite you to join us for our Sunday service at 11:00 a.m.

Noe Valley Ministry Noe Valley Ministry
1021 Sanchez St
San Francisco, 94114-3312

Presbyterian Church

Celebrate LIFE Progressive Spiritualist Community in San Francisco Celebrate LIFE Progressive Spiritualist Community in San Francisco
4530 18th St
San Francisco, 94114

CelebrateLIFE! Progressive Spiritualist Community: www.celebratelifesf.org

Paradise Missionary Baptist Church "A Look Back @ The Past" Paradise Missionary Baptist Church "A Look Back @ The Past"
2595 San Jose Ave
San Francisco, 94112

Cities Outreach Department Cities Outreach Department
357 Ellis St
San Francisco, 94102

Cities Outreach Department is a ministry within Youth With A Mission San Francisco that leads short term Missions Trips within the city of San Francisco

City Church San Francisco - Sunday Worship City Church San Francisco - Sunday Worship
2460 Sutter St
San Francisco, 94115

Learn more at www.facebook.com/citychurchsf

Monastery of Perpetual Adoration Monastery of Perpetual Adoration
771 Ashbury St
San Francisco, 94117

The chapel at the Monastery of Perpetual Adoration is open from 6 a.m. to 6 p.m. daily; Holy Mass is at 7:30 a.m.